Menara Air Kota Jambi; Saksi Sejarah di Kota Jambi

Menara Air Kota Jambi sekitar Tahun 1920an [sumber: phi-kualatungkal.blogspot.co.id]

Menara air (bahasa belanda; watertoren) yang berada di belakang Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang higienis dan kontinyu pada masa penjajahan Belanda. Sehingga pada pusat pemerintahan Belanda kala itu, bangunan ini didirikan di dekat pusat pemerintahan. Salah satunya berada di Kota Jambi tepatnya di Kelurahan  Murni, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Menara yang juga berdekatan dengan Museum Perjuangan Rakyat kota Jambi ini berdiameter 9.360 meter dengan tinggi 24.150 meter.

Bangunan menara ini terdiri dari beberapa bagian yaitu satu buah bangunan yang paling tinggi sebagai bangunan induk (tiga tingkat) yang berada di tengah serta dua buah bangunan yang lebih rendah (dua tingkat) yang terletak di samping kanan dan kiri bangunan induk. Secara keseluruhan bangunan menara air ini tidak mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu.
Menara Air Saat Ini [sumber: panoramio.com] 

Menara yang kini dipergunakan oleh PDAM Kota Jambi sebagai reservoir (bangunan penampung air) ternyata memiliki kontribusi dalam perjalanan sejarah di Kota Jambi. Sebelumnya, Menara Air, Museum Perjuangan Rakyat Jambi, dan Masjid Agung pada masa Kesultanan Jambi merupakan bekas lokasi Istana Tanah Pilih yang kemudian dihancurkan Belanda dan didirikan sebagai benteng pertahanan.
Menara Kala Pembangunan [sumber: jambitribunnews.com]
Pada masa Kemerdekaan Republik Indonesia, menara ini dipergunakan sebagai tempat untuk mengibarkan bendera Merah Putih oleh sekelompok pemuda pimpinan R Husin Akip. Hal ini dilakukan karena menara ini adalah bangunan tertinggi di Kota Jambi kala itu sehingga dapat dilihat dari berbagai penjuru dan digunakan untuk memberitahukan Kemerdekaan Indonesia. Kini, bila anda ingin berwisata sejarah, silahkan datang ke Menara Air yang menjadi saksi Lokasi Istana Tanah Pilih Jambi dan juga tempat pengibaran pertama Bendera Merah Putih  kala kemerdekaan Indonesia.

Referensi:
http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2014/02/06/menara-air/
http://jambi.tribunnews.com/2014/08/25/husin-akip-cs-kibarkan-bendera-di-menara-air
http://ronalsaputraa.blogspot.co.id/2014/02/menara-benteng-tua.html
http://jambi.tribunnews.com/2015/11/23/anda-warga-jambi-tahukan-sejarah-menara-air-lawas-ini?page=2
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar