Kopi Bubuk Cap AAA, Kopi Nikmat Warisan Nusantara

Kopi ini biasanya terbungkus rapi dalam satu kotak kecil berukuran 100 gram. Kopi khas Jambi ini dikenal dengan nama, Kopi Bubuk Cap AAA. Diproduksi oleh PT. NEFO, Jambi Indonesia. Kopi AAA diracik dengan biji kopi pilihan dengan resep yang diberikan turun temurun dari beberapa generasi sejak tahun 1966 hingga sekarang. Tekstur bubuk kopi ini sedikit kasar dan warna kopinya sendiri hitam pekat, pahit, dan aromanya harum. Kopi bubuk ini disajikan dengan teknik tradisonal yakni diseduh dengan air panas mendidih.
Kopi AAA yang Telah Diseduh [sumber: tunaro.wordpress.com]

Katanya sih, kopi ini campuran antara kopi robusta dan kopi ekselsa. Ini yang membuat cita rasa kopi AAA menjadi sangat khas. Jenis kopi ekselsa memang sejak dahulu menjadi kopi andalan daerah jambi dan pengembangannya terbatas di Indonesia. Namun di Propinsi Jambi, kopi ini sudah dikenal sejak 50 tahun yang lalu. Kopi ekselsa ini diperkirakan berasal dari wilayah sekitar Danau Chad di Afrika. Tanamannya bisa mencapai 9 meter dan mirip dengan kopi liberika. Beberapa perusahaan kopi terkemuka di Indonesia telah menggunakan kopi ini sebagai bahan baku.

Berapa harga kopi AAA?
Pesan saya, pecinta kopi sejati, wajib mencicipi cita rasa kopi khas Jambi ini. Rasakan nikmat warisan nusantara yang tertuang dalam seduhan kopi hitam bubuk cap AAA. Untuk kisaran harganya, kalian bisa mendapatkannya mulai dari:
  • 1 kilogram - Rp 78.000
  • 500 gram - Rp 50.000
  • 250 gram - Rp 20.000
  • 100 gram - Rp 10.000
  • 45 gram - Rp 5.000
Referensi:
http://www.kopimurnijambi.com/
https://kopisumatra.wordpress.com/kopi-jambi/
http://www.pergidulu.com/kuliner-lokal-enak-jambi/
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar