Jambi Juga Punya Hutan Pinus Looo

Semua orang pasti suka ke tempat yang asri, tenang dan nyaman. Tapi tempat yang bagaimana yang bisa memenuhi tiga kriteria tersebut ? Mungkin hutan pinus bisa menjadi jawabannya. Kita semua tau kalau untuk menemukan tempat yang asri, tenang dan nyaman di Jambi bukanlah perkara yang mudah. Tempat rekreasi yang ada banyak menawarkan hiburan-hiburan yang bersifat game dan funny, jarang ada yang menawarkan ke-asri-an, ke-tenang-an, dan ke-nyaman-an. Buktinya saja lebih banyak tempat-tempat rekreasi seperti Mall, Bioskop, Game Station dan lain-lain dari pada taman-taman atau yang sejenisnya.

Hutan pinus hadir sebagai penyelamat dari kebuntuan dalam mencari 3 kriteria tadi. Tapi tunggu, di Jambi ada hutan pinus? Di Jambi memang ada hutan pinus. Walaupun notabene pohon pinus hidup di dataran tinggi namun pohon pinus sendiri juga bisa hidup di dataran rendah.
Hutan Pinus Jambi [sumber: www.jambi.tribunnews.com]

Taman Hutan Kenali atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus merupakan taman atau hutan kota yang terletak di Jalan Jambi-Palembang Km 11 Kenali Asam Bawah atau tepat berada di gerbang perbatasan antara Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi. Hutan pinus ini memiliki luas sekitas 10,5 hektar yang pada awalnya merupakan pusat konservasi (1964) berbagai macam tanaman seperti Gaharu, Sungkai, Mahoni dan Bulian sebagai tanaman khas Jambi dengan di dominasi oleh Pinus. Dan baru pada tahun 2007 pusat konservasi ini dialih fungsikan sebagai taman dibawah pengelolaan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Taman ini akan ramai pengunjung ketika akhir pekan dan musim liburan telah tiba, pada akhir pekan pengunjung yang berdatangan bisa mencapai 200 orang. Pelajar dan mahasiswalah yang biasanya mengunjungi taman ini. Namun tak jarang rombongan keluarga pun turut berekreasi ke taman ini, khususnya pada hari minggu atau musim liburan. Tidak hanya rekreasi, taman ini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah para pelajar yang ada di Kota Jambi dan sebagai pusat pembelajaran tanaman khas dari Provinsi Jambi. Selain itu, taman ini juga di manfaatkan sebagai spot-spot foto baik itu foto view maupun foto prewedding.

Berbagai fasilitas disediakan disini, mulai dari bangku-bangku taman, ayunan, tong api unggun dll. Disini juga terdapat jalan setapak yang diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin berkeliling hutan pinus. Hanya dengan merogoh kocek Rp 3.500 per orang pengunjung sudah dimanjakan dengan pemandangan dan fasilitas yang ada di hutan pinus. Taman hutan pinus sendiri sangat mudah untuk dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor maupun kendaraan umum. Pintu masuk dari hutan pinus sendiri berada di sebelah terminal. Mudahkan ? Jadi jangan takut kesulitan mencari lokasi Hutan Pinus Jambi yaa 

Referensi:
http://jambi.tribunnews.com/2015/11/10/hutan-pinus-wisata-goceng-plus-area-foto-prewedding-di-kota-jambi
http://betrha.blogspot.co.id/2012/02/hutan-pinus-jambi.html

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar