Jelajah Sejarah Lewat Museum di Jambi

Wisata jangan hanya sekadar selfie sana-sini loh, sob. Selain wisata alam, ada lagi nih jenis wisata lain yang tak kalah kece yakni wisata edukasi dengan menjelajahi ruangan-ruangan penuh benda bersejarah. Melalui museum sebenarnya kita sudah bisa belajar banyak sejarah, baik itu pra-sejarah, pra-kemerdekaan, bahkan hingga sejarah modern. Tahukah anda ada berapa banyak museum di Provinsi Jambi?
Museum Perjuangan Rakyat Jambi [sumber: kebudayaanindonesia.net]

Mungkin di telinga kita sudah familiar dengan museum-museum yang letaknya di Kota Jambi, seperti Museum Siginjai dan Museum Perjuangan Rakyat Jambi. Selain dua museum itu masih ada beberapa museum lainnya di luar Kota Jambi, seperti Museum Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi dan Museum Pemerintah Daerah Merangin Ujung Tanjung Batang Mesumai di Bangko, Kabupaten Merangin. Ada pula museum yang saat ini masih dalam proses pembangunan, yakni Museum Sakti Alam Kerinci di Sanggaran Agung, Kabupaten Kerinci dan Museum Juang Bungo-Tebo di Muara Bungo, Kabupaten Bungo. Semoga pembangunannya cepat selesai. Kali ini kita akan membahas dua museum di Kota Jambi, nih. Check it out!

Museum Siginjai dan Museum Perjuangan Rakyat Jambi mempunyai ciri khas masing-masing khususnya dalam benda sejarah yang ditampilkan. Museum Siginjai yang dahulunya bernama Museum Negeri Provinsi Jambi menyimpan dan menampilkan benda-benda sejarah yang sifatnya budaya atau etnografi, biologi, geologi, arkeologi, dan sebagainya. Sedangkan Museum Perjuangan Rakyat Jambi menyimpan dan menampilkan seluruh benda dan kenangan perjuangan rakyat Jambi saat masa kolonialisme dan setelahnya.

Museum Siginjai sendiri terletak di Jl. Urip Sumoharjo, No. 1, Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Museum ini mulai dibangun pada 18 Februari 1981 dan diresmikan pada 6 Juni 1988 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan.  Awalnya museum ini bernama Museum Negeri Provinsi Jambi, kemudian diubah menjadi Museum Siginjai pada 30 Oktober 2012 berdasarkan Peraturan Gubernur No. 26 Tahun 2012.

Referensi:
http://museumsiginjei.blogspot.co.id/
http://jambikota.go.id/new/museum-siginjai-jambi/
http://jambikota.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=221&Itemid=157
http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1561/museum-negeri-jambi
https://djangki.wordpress.com/2013/07/02/sejenak-di-museum-merangin/
Share on Google Plus
author image

Hendra Guna

Jelas, pria paling cool dengan tingkat keimanan paling tinggi di banding cowo-cowo lain di Djendelo yang penuh dosa.

0 komentar :

Posting Komentar