Menguak Geohistorical Geopark Merangin Jambi

Kabupaten Merangin, Jambi kian memikat hati para penjelajah wisata Indonesia dengan hadirnya Geopark Merangin sebagai spot pariwisata dan juga situs warisan geologi dunia. Geopark Merangin Jambi ini sudah menjadi jantung Merangin sejak lebih dari 300 tahun silam. Lempeng yang ada di tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini merupakan lempeng tertua di Asia dan juga digelari tanah leluhur Asia. Jambi juga menjadi pengunci wilayah-wilayah di sekitarnya sehingga menghasilkan keanekaragaman dan warisan geologi yang bernilai tinggi, salah satunya adalah Geopark Merangin ini.
Geohistorical Geopark [sumber: www.sultanthaha-airport.co.id]

Berkunjung ke Geopark Merangin Jambi mengajak kita untuk melihat sisi lain dari dunia. Tidak hanya danau, sungai, dan goa yang disajikan untuk membuat kita takjub akan daerah ini, namun kita akan disuguhi sesuatu yang asing yaitu fosil-fosil yang terlihat nyata yang mampu menaklukan hati para wisatawan yang berkunjung maupun yang melakukan riset geologi. Berpijak di atas batuan yang merupakan fosil dengan umur ratusan juta tahun seakan menghilangkan batas masa lalu dan kini. Di Geopark Merangin ini, kita juga dimanjakan dengan salah satu wahana ekologi yaitu Arum Jeram yang sangat memacu adrenalin.

Tidak banyak masyarakat yang tau akan kisah lampau dari daerah ini. Dulunya daerah ini merupakan daerah laut dangkal yang kemudian menjadi daratan seperti sekarang. Pernyataan ini dilandaskan dengan adanya geoindikator batu gamping yang ditemukan di daerah ini.  Geopark Merangin ini tak hanya memberikan keindahan yang luar biasa, tetapi juga menyimpan rahasia evolusi bumi yang sangat kompleks. Itulah mengapa geopark diambil alih untuk dijadikan ladang riset utama geologi dunia.
Aliran Air Sungai Geopark [sumber: www.sumatra.bisnis.com]

Respon dunia terhadap wilayah ini sangat positif. Pengakuan dari UNESCO selalu mejadi hal yang ditunggu-tunggu. Tahun 2014 lalu, geopark ini menjadi salah satu nominasi pengakuan UNESCO, namun dikarenakan fasilitas dan akses yang kurang memadai, UNESCO menunda pengakuan tersebut. Akan tetapi, sekarang pemerintah sedang giat-giatnya mempersiapkan yang terbaik untuk Geopark Merangin.

Geopark Merangin Jambi, persembahan Jambi untuk Dunia.

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=8hBDkwuOw0E
https://www.youtube.com/watch?v=d69Ygp8LM5Y
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar