Nasi Gemuk, Selero Besamo

Keluarga memang selalu menjadi alasan untuk kembali ke tanah asal selepas melangkah jauh dari perantauan. Namun, keluarga tidak hanya jadi satu - satunya alasan untuk pulang. Kuliner asli daerah pun selalu dirindukan oleh perantau dan selalu dinantikan sajiannya ketika pulang. Bagi perantau di daerah - daerah di Pulau Jawa, mungkin sudah merasakan sulitnya mendapat makanan khas Sumatra yang nikmat seperti rasa aslinya. Ya, makanan boleh serupa tapi siapa sangka, beda peraciknya beda pula rasanya. Nah begitulah ungkapannya.
Nasi Gemuk Komplit [sumber: bacaterus.com]

Kota Jambi, kota yang terbelah sungai Batanghari ini sungguh memiliki sejuta pesona, salah satunya adalah pesona kulinernya. Sungguh banyak kuliner Jambi yang menggoyang lidah membuat rindu para perantau, salah satunya adalah Nasi Gemuk khas Jambi. Hayo coba tebak kenapa namanya Nasi Gemuk. Ya memang sih gemuk itu artinya gendut, tapi emangnya Nasi Gemuk ini bikin gendut ya?

Nasi Gemuk ini sudah populer sejak tahun 70-an loh, tapi asal mula namanya Nasi Gemuk belum diketahui secara pasti. Mungkin karena banyak menggunakan santan makanya dinamai Nasi Gemuk. Nasi Gemuk  hampir sama dengan nasi uduk, hanya saja topping nya yang berbeda. Biasanya nasi uduk disajikan dengan telor goreng yang diiris halus dan kecil, ikan teri goreng, kacang tanah goreng, kerupuk, dan tak lupa pula sambal.
Nasi Gemuk yang Menggoda [sumber: shareontravelogue.com]

Sambal yang disajikan pun ada 2, ada sambal manis dan ada sambal pedas. Aneh ya, kok ada sambal manis? Sambal manis itu sambalnya gak terlalu pedas, biasanya anak-anak suka nya pakai sambel manis, kalo orang dewasa biasanya pakai sambal pedas. Sajian Nasi Gemuk ini bisa divariasikan sesuai selera pembelinya. Nah, biasanya Nasi Gemuk ini disantap sebagai menu sarapan, sebelum berangkat kerja ataupun berangkat sekolah. Tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, karena hanya dengan 5ribu hingga 7ribu rupiah, kita sudah bisa menyantap masakan khas Jambi yang satu ini.        

Masih takut gendut? Eh maksudnya, masih ragu buat nyicip Nasi Gemuk ? Kalau kata Budak Jambi tu “Lemak nian” yang artinya “Enak sekali”. Yuk mampir!

Referensi:
detik.com/food/read/2012/10/23/074955/2069947/297/nasi-gemuk-menu-sarapan-lezat-khas-jambi
piknikdong.com
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar