Kangen Permainan Sumputan?

Ada yang masih ingat dengan salah satu permainan tradisional outdoor di tahun 90-an yang namanya petak umpet? Yoi, di Jambi sendiri petak umpet sering disebut dengan "sumputan". Pasti kanti-kanti semua masih familiar dong dengan kata-kata buncit, pancit, cup. Hehehe.
Main Sumputan Yuk [sumber: www.peringatandini.com]

Main sumputan bisa bikin lupa waktu, tahu-tahu udah magrib. Hahaha. Sumputan ini biasanya dimainkan lebih dari dua orang, emangnya jomblo main sendirian. Upsss. Tempatnya bisa di dalam rumah sih, tapi lebih seru kalau mainnya di luar rumah. Setiap dimulai, semua orang wajib melakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang jadi penjaga dan siapa yang bersembunyi. Biasanya, yang jadi penjaga disuruh menghitung sampai 10. Begitu selesai, yang jaga disuruh mencari siapa saja yang bersembunyi. Ada basecamp juga yang biasanya berupa tembok atau tiang sebagai patokan tempat penjaga berada.

Ketika penjaga berhasil menemukan temannya yang bersembunyi, mereka harus berlarian siapa yang lebih dulu dapat menepuk basecamp. Kalau penjaga yang duluan maka teman yang kalah tadi bisa jadi penjaga untuk permainan berikutnya dalam tebak-menembak di akhir permainan ketika semua teman telah berhasil berkumpul atau ditemukan. Sedangkan, kalau teman yang bersembunyi tadi duluan atau teman yang bersembunyi tapi tidak ketahuan juga berhasil menepuk basecamp maka mereka aman. Ketika semua teman telah berkumpul, penjaga akan menutup matanya di basecamp tersebut dan menebak urutan pemain yang berada di belakangnya mulai dari satu sampai seterusnya. Jika nomor tebakannya pas dengan urutan berdirinya teman yang kalah tadi atau teman yang tidak berhasil menepuk basecamp maka dia akan menjadi penjaga berikutnya tetapi kalau nomor tebakannya salah maka penjaga punya kesempatan tiga kali untuk menebak. Kalau salah terus, dia yang akan jadi penjaga lagi. SERU BANGET KAN.

Nah, hompimpa di Jambi sendiri sih biasanya bisa pakai jingle "cang kacang panjang yang panjang, jaga" sambil semua orang menggerakkan lengannya maju mundur secepat mungkin. Kata-kata yang seperti mantra, buncit, pancit, dan cup sendiri memiliki arti masing-masing. Buncit biasanya diucapkan sama penjaga ketika dia berusaha menebak orang di urutan paling terakhir. Pancit dan cup digunakan ketika teman yang bersembunyi berhasil menepuk basecamp duluan.

Yuk, main sumputan lagi...
Share on Google Plus
author image

Admin

Bercita-cita ingin memajukan Jambi agar lebih kece di mata Indonesia. Cakep.

0 komentar :

Posting Komentar